Selasa, 18 Desember 2012

Kutipan , Abstrak ,dan Daftar Pustaka

Kutipan adalah suatu rangkuman singkat yang kita ambil atau kita buat dari beberapan sumber .Sumber disini adalah Artikel,laporan,majalah,bisa juga yang sudah berkembang saat ini Internet.Kutipan beda dengan namanya mencuri kata-kata orang lain(Plagiat),karena kutipan kita mengambil ringkasan dengan pikiran kita sendiri . .
Terdapat 2 jenis kutipan yaitu ,kutipan langsung dan kutipan tidak langsung .kita akan membahas nya di bawah ini apa itu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. .
• Kutipan Langsung.
.
Kutipan langsung ini adalah Kutipan yang ditulis sama peris dengan asli dari sumbernya,baik itu dari ejaan ,lafal,tanda baca dan lain-lain.kutipan langsung ini biasanya digunakan untuk mengutip rumus matematika ,pribahasa,puisi,pantun,nama pengarang buku,ataupun .sebuah peraturan-peraturan.cara penulisan kutipan kita dapat pelajari dibawah ini : .
Kutipan yang panjang kalimatnya kurang dari lima baris dimasukkan kedalam teks. .
- diketik seperti ketikan teks. .
- diawali dan diakhiri dengan tanda petik (")..
- sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah teks kutipan. .
- ditulis diantara tanda kurung, (Penulis, Tahun: Halaman). Nama penulis sesuai aturan.
membuat daftar pustaka (nama akhir, nama awal). .
Kutipan yang terdiri dari empat baris atau lebih. .
- diketik satu spasi. .
- dimulai tujuh ketukan dari batas tepi kiri. .
- sumber rujukan ditulis langsung sebelum teks kutipan. .
-pengutip melihat perlu untuk menghilangkan beberapa bagian kalimat, pada bagian itu diberi titik sebanyak tiga buah. .
- bila pengutip ingin menghilangkan satu kalimat,maka pada bagian yang dihilangkan tersebut diganti dengan titik-titik sepanjang satu baris. .
- apabila pengutip ingin memberikan penjelasan atau menggaris bawahi bagian yang dianggappenting, pengutip harus memberikan keterangan. Keterangan tersebut berada diantara tanda kurung, contoh (garis bawah bawah oleh pengutip). .
Namun,diharapkan jika mengutip secara langsung diberikan referensi atau dari mana kita ambil kutipan itu,karena itu sangat penting untuk sumber yang telah kita kutip. .
• Kutipan Tidak Langsung.
.
Sedangkan ,kutipan tidak langsung adalah kutipan yang kita ambil hanya beberapar kalimata ataua ide pokok yang perlu kita ambil,tidak sama dengan asli sumbernya . .
Cara membuat kutipan tidak langsung : .
- kalimat yang mengandung kutipan ide tersebut ditulis dengan spasi rangkap seperti teks biasa. .
- semua kutipan harus dirujuk. .
- sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat yang mengandung kutipan. - apabila ditulis sebelum teks kutipan, nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka masuk kedalam teks, diikuti dengan tahun terbitan diantara tanda kurung. .
- apabila ditulis sesudah teks kutipan, rujukan ditulis diantara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, titik dua, dan diakhiri dengan tahun penerbitan. .
.
ABSTRAK.
.
Abstrak biasa nya ditulis dalam suatu karya tulis ,dan berisikan cerita atau ulasan pendek tentang isi dari karya tulis yang kita buat,dari abstrak pembaca dapat membayangkan atau mengira-kira isi karya tulis kita seperti apa .abstrak dibuat dengan kata-kata yang mudah dipahami,singkat dan juga jelas ,dan sudah membahas latar belakang sedikit. .
Membuat abstrak yang baik cara nya adalah sebagai berikut: .
*Merupakan uraian singkat, cermat dan menyeluruh sehingga mencerminkan keseluruhan isi judul. Abstrak dapat berdiri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh sehingga dapat dimuat dalam satu majalah yang khusu memuat abstrak. .
*Tanpa komentar dari pembuatnya diluar apa yang dikemukakan dalam karangan ilmiah. .
*Dapat dikerjakan orang lain, tetapi sebaiknya dibuat sendiri oleh penulisnya karena ia lebih memahami apa yang disajikan dalam karangan ilmiah tersebut. .
*Terdapat pada permulaan karangan ilmiah sehingga pembanca segera dapat mengetahui informasi yang disajikan sesuai dengan keperluan. .
*Isi suatu abstrak sebaiknya jangan melebihi 250 kata atau sekitar 25 baris jika setiap baris terdiri atas 10 kata. .
*Huruf yang digunakan dalam abstrak sebaiknya berbeda besarnya dengan huruf isi karangan ilmiah. .
*Sedapat mungkin dihindari pemakaian kalimat aktif, sebaiknya kalimat pasif. .
*Kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik dan tabel tak boleh dicantumkan. .
*Dibawah abstrak sebaiknya dicantumkan kata-kata kunci (key words) sebanyak 3 sampai 10 kata yang kira-kira dapat dipakai untuk mengindeks karangan ilmiah kita dalam karangan ilmiah sejenis. Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan paling menonjol dalam karangan ilmiah. .
.
.
DAFTAR PUSTAKA .
.
Daftar pustaka ini biasa nya digunakan pada akhir karya tulis atau sebuah tulisan ,karena daftar pustaka ini untuk memberikan daftar sumber yang kita kutip tulisannya . dari daftar pustaka ini kita dapat menilai kebenaran tulisan yang kita ambil dan juga tahu darai mana kutipan itu diambil . .
Membuat daftar pustaka mempunyai urutan sendiri yaitu,Nama pengarang,judul,kota,nama penerbit. ..
Sebagai contoh kristy. 2012. Cara Membuat Daftar Pustaka. Jakarta: Blogspot.
Nama kristy adalah yang membuat tulisan. .
Tahun 2012 adalah tahun pembuatan tulisannya . .
Membuat daftar pustaka adalah judul dari tulisan. .
Jakarta ,kota di mana dibuat nya tulisan .
Refrensi :
http://pengetahuanberharga.blogspot.com/2012/01/apa-yang-dimaksud-dengan-kutipan.html
http://cymbean.blogspot.com/2012/01/apakah-kutipan-daftar-pustaka-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar