Jumat, 29 November 2013

Pengaruh Jaringan Sosial Media

Seperti yang diketahui jaringan sosial media saat ini ,sangat marak digunakan oleh semua kalangan ,khususnya kalangan remaja. Jaringan sosial ini mempunyai dampak negatif dan positif yang perlu diketahui oleh pengguna. Pada saat ini banyak situs- situs jaringan sosial yang telah banyak diinternet, dan tentunya hal ini akan menimbulkan dampak bagi penggunya di kehidupan sehari – hari.

Jaringan sosial media yang sering digunakan antara lain :
1.Facebook
2.Twitter
3. Path
4. dll

Dampak negatif yang ditibulkan jaringan media sosial :

1. Seorang pelajar biasanya akan menjadi lebih malas belajar
Jaringan media  sosial juga bisa membuat seseorang kecanduan, termasuk pelajar. Biasanya pelajar yang kecanduan dengan jejaring sosial akan lebih malas belajar karena keinginannya untuk terus menggunakan jaringan media sosial tersebut.

2. Bahaya kejahatan
Artinya bukan tidak mungkin terdapat orang jahat yang menggunakan jaringan media sosial. Karena jaringan media  sosial juga bisa digunakan oleh mereka sebagai tempat mencari target.
Salah satu kasus yang sering terjadi adalah penculikan oleh orang yang dikenal dari jaringan media sosial.

3. Bahaya  penipuan 
Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi di jaringan media sosial. Artinya jaringan media sosial juga bisa menjadi tempat promosi bagi para penipu yang sedang mencari korban. Jadi, anda tidak boleh langsung percaya jika seseorang yang tidak dikenal menawarkan suatu barang, jasa, dll

4. Tidak semua pengguna jaringan media sosial bersifat baik dan sopan
 Artinya tidak sedikit pengguna jaringan media sosial yang mungkin bersifat kasar/tidak sopan, hal ini jelas sangat berbahaya untuk anak-anak. Karena bukan tidak mungkin mereka meniru kata-kata atau kalimat yang tidak sopan dan tentunya tidak patut mereka tiru.

5. Mengganggu kehidupan
Mengapa saya katakan mengganggu kehidupan ? Karena jaringan media sosial bisa mengurangi komunikasi anda dengan dunia nyata seperti orang sekitar, lingkungan, dan yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kegiatan anda yang terlalu lama menghabiskan waktu di jaringan media  sosial.


Dampak posiitif menggunakan jaringan media sosial :

1. Tempat promosi
Melihat banyaknya pengguna Jaringan media sosial, tidak salah jika anda menjadikan jaringan media sosial menjadi salah satu tempat promosi terbaik untuk produk/jasa anda.

2. Tempat untuk memperluas pertemanan
Banyak pengguna jaringan media sosial yang bisa anda jumpai sehingga bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan banyak teman di jaringan media sosial.

3. Sebagai media komunikasi
Jaringan media  sosial tentunya juga bisa anda gunakan sebagai media komunikasi yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan orang dalam negeri maupun luar negeri.

4. Tempat untuk berbagi
Jika anda ingin membagikan foto-foto anda, informasi, dan lain-lain, jaringan media sosial bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk anda berbagi, karena hal-hal yang anda bagikan bisa langsung dilihat oleh teman-teman anda di jaringan media sosial.

5. Tempat mencari informasi
Banyaknya pengguna jaringan media sosial yang mempunyai berbagai pekerjaan, hobi, kemampuan, dan lain-lain. Maka tidak ada salahnya jika anda mencari informasi dengan menggunakan jaringan media sosial. Baik itu melalui grup, teman, ataupun yang lainnya.


Itulah dampak negatif dan positif jaringan media sosial yang sering digunakan. Bila terdapat kekurangan mohon maaf . :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar